Jumat, 23 Oktober 2009

PEMANFAATAN INTERNET UNTUK PEMBELAJARAN

Oleh: Drs. Wahyudi Waluyojati
SMPN 19 Purworejo

Perkembangan information communication and technology (ICT) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Menurut Rosenberg (2001) dengan berkembangnya penggunaan ICT ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran, yaitu (1) dari pelatihan ke penampilan, (2) dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja, (3) dari kertas ke "on line" atau saluran, (4) dari fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, (5) dari waktu siklus ke waktu nyata. Disamping itu kemampuan penting guru masa depan sebagai agen perubahan adalah (1) memiliki keterampilan berkomunikasi, (2) memiliki keterampilan menggunakan komputer, dan (3) mampu memberikan pengaruh positif. Oleh karena berbagai ralitas tersebut maka SMPN 19 Purworejo sebagai sekolah standar nasional (SSN) mengadakan "Workshop Pemanfaatan Internet untuk Pembelajaran" bekerjasama dengan Mentari Satria Net selaku ISP dengan nomor ijin dari Dirjen Pos dan Telekomunikasi  No: 71/DIRJEN/2008 yang beroperasi di Purworejo di Jln. Kartini 27 Tlp (0275) 3128484.
Workshop dilaksanakan tanggal 16 dan 17 Oktober 2009 yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo (Drs. Bambang Aryawan, M.M) yang dalam sesionnya menyampaikan bahwa pembelajaran berbasis internet (internet enable learning) memiliki manfaat sebagai berikut: (1) enhance interactivity, (2) time and place flexibility, (3) potential to reach a global audience, (4) easy updating of content as well as archivable capabilities.

Nara sumber lain yang berbicara sebagai pemateri yaitu Victor C. Indiarto (Manager Mentari Satria Net) dengan materi Manfaat Internet Plus atau Minus? Sementara itu pemateri kedua adalah Drs. M. Yasin, M.Pd dan Drs. Subiyanto (Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Purworejo) yang menyampaikan materi Manfaat Internet untuk Pembelajaran meliptui: Search engine, Browsing, Download, Upload, e-mail, dan chatting.
Workshop ini diikuti oleh 32 peserta yakni guru-guru SMPN 19 Purworejo dengan hasil 95% guru mampu membuat dan mengirim e-mail, mampu chatting, mampu melakukan browsing, mampu melakukan search engine, dan mampu melakukan download materi, media pembelajaran dan software yang mendukung pembelajaran.
Dengan workshop ini diharapkan SMPN 19 Purworejo pada tahun pelajaran 2011-2012 dapat memasuki era pembelajaran berbasis jaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar