Selasa, 15 Februari 2011

CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

Makhluk hidup mempunyai ciri-ciri khusus yang dapat membedakan dari benda tak hidup, ciri-ciri tersebut antara lain sebagai berikut :
1. Dapat bergerak (Can Move), gerak pada makhluk hidup dapat berupa gerak pindah tempat atau gerak sebagian
2. Memerlukan makanan (Need Food), makanan diperlukan oleh semua makhluk hidup dalam rangka pemenuhan energi, pertumbuhan, penggantian sel-sel rusak, dan mempertahankan kelangsungan hidupnya.
3. Memerlukan Air (Need Water), semua makhluk hidup memerlukan air agar tetap bertahan hidup. Manusia dan hewan air dimanfaatkan untuk proses metabolisme dan bila kekurangan air tubuh akan mengalami dehidrasi, sedangkan untuk tumbuhan air juga dimanfaatkan sebagai bahan baku fotosintesis.
4. Memerlukan Oksigen untuk Bernapas (Need Oxygen to Breathe), bernapas arinya mengamibil oksigen dari udara untuk dimanfaatkan dalam pembongkaran zat makanan (katabolisme) sehingga dihasilkan energi.
5. Peka Terhadap Rangsang/Iritabilita (Sensitive to Stimulation), kepekaan terhadap perubahan lingkungan yang terjadi disekitarnya. Perubahan lingkungan dapat berpengaruh terhadap kehidupan organisme berupa air, cuaca, suhu, tanah, suara, cahaya dan lain-lain.
6. Berkembang Biak (Reproduce), kemampuan berkembang biak bertujuan untuk melestarikan keturunannya demi kelangsungan hidup jenis/spesies tersebut.
7. Tumbuh dan Berkembang (Grow and Develop), tumbuh merupakan pertambahan ukuran yang dapat dinyatakan dengan ukuran dan tidak dapat kembali (irreversibel), sedang perkembangan merupakan proses menuju dewasa (pada hewan ditandai dengan berfungsinya alat reproduksi dan pada tumbuhan ditandai dengan munculnya bunga).
8. Mengeluarkan Zat Sisa (Excrete Waste Substance), dalam peristiwa respirasi selain dihasilkan energi juga dihasilkan zat sisa (berupa karbon dioksida dan upa air). Zat sisa ini harus dikeluarkan karena dapat bersifat racun. Peristiwa pengeluaran zat sisa dinamakan Ekskresi.
9. Memerlukan Suhu Tertentu (Need Certain Temperature), semua makhluk hidup mempunyai kemampuan hidup pada suhu tertentu. Suhu lingkungan yang diperlukan untuk hidup berkisar 0 derajat celcius s.d 43 derajat celcius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar